INFO : Selamat datang di Nugraha Orchid INFO : Dapatkan promo GRATIS ONGKIRNYA SEKARANG Khusus Area JABODETABEK dengan Belanja minimum 4 Plant Anggrek Dendrobium INFO : Gunakan Kode Voucher "Nugraha Orchid" untuk mendapatkan tambahan DISCOUNT 10% INFO : GRATIS ONGKIR SELURUH INDONESIA untuk Pembelian Seedling Anggrek sebanyak 24 pcs/plant
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Merawat Anggrek didalam Ruangan

Cara Merawat Anggrek didalam Ruangan

Diposting pada 27 November 2019 oleh Nugraha Orchid | Dilihat: 7.481 kali

Tanaman anggrek merupakan tanaman hias yang cantik dan indah. Tanaman anggrek memiliki banyak jenis, salah satu jenisnya adalah anggrek bulan. Cara menanam anggrek adalah dengan ditempel pada sebuah pohon dan ada juga ditanam di pot. Hampir kebanyakan penyuka anggrek menanam anggrek pada pot kecil, karena lebih efektif dan efisien.

Selain itu, anggrek bisa dijadikan untuk hiasan di dalam ruangan. Karena anggrek juga bisa ditanam di mana saja, seperti di luar ruangan/halaman dan di dalam ruangan. Tanaman anggrek mampu mengubah mempercantik dan memperindah ruangan baik di rumah maupun di kantor. Sehingga ruangan terlihat nyaman, sejuk, dan elegan.

Adapun hal yang harus diperhatikan ketika menanam dan merawat anggrek dalam ruangan seperti berikut:

1. Menanam menggunakan pot kecil

Pilihlah pot tanah sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan pot lebih mudah untuk merawat dan menanam anggrek di dalam ruangan. Selain itu, menggunakan pot lebih efektif dan efisien ketika tanaman anggrek akan dipindah ke ruangan lain. Gunakan juga media tanam pada pot, dengan meletakkan pecahan genteng untuk menambah kesan artistic pada tanaman anggrek.

2. Memberikan pupuk

Tidak hanya tanaman yang lain, tanaman anggrek pun memerlukan pupuk dan nutrisi yang baik supaya tetap bertahan dan berbunga. Pada saat tanaman masih kecil berikan NPK 30:10:10 dan pada fase vegetatif sedang diberikan NPK 10:10:10. Untuk fase generatif yaitu merangsang bunga NPK 10:30:30. Selain itu, bisa juga menggunakan pupuk power nutrision supaya bunga anggrek tidak mudah layu dan rontok. Pupuk ini juga mampu mengurangi kebutuhan pupuk makro hingga 90%.

3. Letakkan tanaman anggrek terkena sinar matahari

Selain memberikan pupuk dan nutrisi yang baik, tanaman anggrek juga membutuhkan pancaran sinar matahari. Ketika di tempatkan di dalam rumah atau kantor letakkan tanaman anggrek dekat dengan jendela supaya dapat terkena pancaran sinar matahari. Namun perlu dihindari terkena sinar matahari langsung dan hindari suhu terlalu panas.

4. Menggunakan lampu ruangan

Tanaman anggrek membutuhkan cahaya. Ketika ruangan tidak memungkinkan terkena cahaya, perlu diperhatikan untuk membeli lampu ruangan atau membeli lampu khusus, yaitu lampu tanaman indoor. Supaya tanaman anggrek dapat terkena cahaya dengan baik dan tetap memperhatiakan suhu ruangan, sehingga tanaman anggrek tumbuh dengan sehat.

5. Letakkan pada tempat efektif (nyaman)

Cara menanam dan merawat anggrek didalam ruangan perlu diperhatikan ruangan yang akan diletakkan tanaman anggrek. Karena ada beberapa hewan kecil yang bisa saja terdapat pada ruangan seperti hewan semut dan kumbang.  Ketika semut berada pada tanaman anggrek, semut akan merusak akar dan tunas muda. Sedangkan hewan kumbang dapat merusak batang dengan membuat lubang di tengah batang dan larvanya yg menetas dari telur merusak daun tanaman anggrek. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya menyemprotkan tanaman yg diserang dengan menggunakan insektisida sistemik secara rutin dan bersihkan pot secara rutin dari telur kumbang atau pindahkan tanaman ke pot yang baru. Selain itu, gunakanlah rak khusus untuk menyimpan pot bunga.

6. Memperhatikan suhu ruangan

Ketika tanaman anggrek disimpan di dalam ruangan, suhu ruangan perlu di perhatikan. Setiap tanaman anggrek membutuhkan suhu yang berbeda. Untuk suhu ruangan yang ideal 12.78 derajat celcius pada malam hari. Sedangkan ada jenis tanaman anggrek yang membutuhkan suhu hangat, suhu ruangan yang diperlukan sekitar 18.33 derajat celcius.

7.  Menjaga kelembaban

Anggrek merupakan salah satu tanaman tropis. Maka dari itu, jangan terlalu banyak memberikan air dan hindari terlalu sering menyiram air pada tanaman ini. Karena jika hal ini  terjadi, tanaman anggrek akan terlalu lembab dan memiliki kandungan air terlalu banyak, dapat mengakibatkan kebusukan dan kematian pada anggrek.

8. Memberikan air secukupnya

Ketika merawat dan menanam anggrek di dalam ruangan. siramlah air secukupnya, jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Supaya tanaman anggrek bisa berkembang dengan baik. Karena tanaman anggrek memerlukan pencahayaan, sehingga airnya mudah meresap dan cepat kering. Maka dari itu sebaiknya berikan air secukupnya. Ketika tanaman anggrek sudah terlihat kering siramlah dengan air.

Itulah 8 Langkah Cara Merawat Anggrek di dalam ruangan, tidak sulit bukan?

Bagikan informasi tentang Cara Merawat Anggrek didalam Ruangan kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Merawat Anggrek didalam Ruangan | Jual Anggrek – Nugraha Orchid

Belum ada komentar untuk Cara Merawat Anggrek didalam Ruangan

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 27%
QUICK ORDER
Dendrobium Starlight

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 55.000 Rp 75.000
Ready Stock
Rp 55.000 Rp 75.000
Ready Stock
OFF 48%
QUICK ORDER
Anggrek Dendrobium Liberty White

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Dendrobium Liberty White *Mulai Rp 65.000
Ready Stock
*Mulai Rp 65.000
Ready Stock
OFF 40%
QUICK ORDER
Anggrek Dendrobium Indonesia Raya Ukuran Remaja

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 45.000 Rp 75.000
Ready Stock / 40
Rp 45.000 Rp 75.000
Ready Stock / 40
SIDEBAR